Pelaksanaan Program Career Coaching 2018

Pelaksanaan Career Coaching 2018 telah terlaksana pada akhir bulan Agustus 2018 lalu. Tujuan dari diselenggarakannya program ini adalah untuk membekali para calon wisudawan wisudawati PPNS yang akan segera terjun ke dunia industri (DUDI) dengan beberapa macam keterampilan ketika melamar tantangan karir, diantaranya bagaimana cara membuat surat lamaran dan CV, bagaimana sikap yang baik ketika melakukan interview dengan user, termasuk bagaimana trik dan tips menjawab pertanyaan yang diajukan oleh user ketika proses interview. Selain itu juga, akan ada sharing pengalaman dari para alumni PPNS. Pada tahun 2018 ini, salah satu program rutin yang diselenggarakan Unit Bimbingan Karir dan Alumni PPNS ini dibagi menjadi 3 batch.

Secara umum, acara dibagi dalam beberapa sesi, yaitu registrasi peserta, permainan kerjasama tim, presentasi profil perusahaan, dan diskusi interaktif dengan narasumber yang merupakan perwakilan dari Ikatan Alumni PPNS (IKA-PPNS), dan diakhiri dengan simulasi interview dengan user pada saat proses rekrutasi. Batch I dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2018. Acara dimulai dengan proses regristrasi peserta pukul 07.15. Kemudian dilanjutkan ke sesi ice breaking, berupa permainan kerjasama tim, dimana tujuan dari sesi ini adalah agar para peserta program ini dapat saling mengenal antara satu dengan yang lain. Setelah itu, sekitar pukul 08.00, acara dilanjutkan dengan sesi presentasi profil perusahaan dari PT Samudra Sinar Abadi Shipyard. Selanjutnya pada pukul 10.00 acara dilanjutkan ke sesi berikutnya yaitu diskusi interkatif dengan alumni dimana yang bertindak sebagai moderator adalah Pak Bekti Nugroho dari BKI yang sekaligus merupakan Sekjen IKA-PPNS Pusat. Pada sesi diskusi tersebut, ada 4 alumni yang hadir sebagai narasumber. Sesi diskusi tersebut berjalan kurang lebih 1,5-2 jam dan kemudian diakhiri dengan sesi simulasi interview kerja.

Kemudian BATCH 2 dilaksanakan pada keesokan harinya yaitu tanggal 30 Agustus 2018. Antusiasme peserta pada Batch 2 ini juga tidak kalah dengan Batch I. Pada Batch 2 ini, perusahaan yang hadir untuk mempresentasikan profil perusahaannya adalah PT Salam Pasific Indonesia Lines (SPIL) dan PT Dok Pantai Lamongan (DPL). Kemudian sesi diskusi interaktif pada Batch 2 ini, dipandu oleh Pak Steve dari PT Lloyd yang sekaligus merupakan Dewan Pembina Yayasan Pinisi yang dibentuk oleh para alumni PPNS.

Selanjutnya di Batch 3, tanggal 31 Agustus 2018, perusahaan yang hadir adalah PT Adaro Energi TBK dan PT Adaro Logistik. Pada Batch 3 ini, juga dilakukan penandatanganan MoU kerjasama antara PPNS dan PT Adaro.


Salam PPNS SUCCESS!!



Mochammad Choirul Rizal
;