PELAKSANAAN TRACER STUDI KALIMANTAN 2018

Pelaksanaan Tracer Studi di Kalimantan dilakukan pada tanggal 4-6 September 2018 dengan 2 kota tujuan yaitu Balikpapan dan Samarinda. Kegiatan ini diawali dengan kunjungan ke PT Galangan Balikpapan Utama pada tanggal 04 September 2018. PT Galangan Balikpapan Utama yang merupakan salah satu perusahaan galangan kapal di Balikpapan dimana beberapa alumni Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya berkerja. 

Di hari yang ke dua, kunjungan dilakukan ke 5 industri galangan kapal di Samarinda yang menjadi tempat berkarir para alumni Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, salah satunya adalah PT Kukar Mandiri Shipyard. Malam harinya dilanjutkan dengan FGD Tracer Studi bersama para alumni yang merupakan acara puncak dari kegiatan ini.

Dari hasil FGD bersama para alumni, ada poin yang menarik yaitu persaingan lulusan perguruan tinggi sangat ketat dalam memperebutkan pekerjaan. Namun menurut lulusan politeknik saat ini lebih banyak diminati dari pada lulusan universitas atau institut. Hal ini dikarenakan lulusan politeknik lebih siap bekerja karena telah dibekali dengan prosentase mata kuliah praktek yang lebih banyak saat kuliah. Alasan lain juga karena lulusan politeknik khususnya Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya telah dibekali sertifikat keahlian sesuai dengan bidang keahlian di program studi masing-masing. Dengan 2 bekal tersebut, lulusan politeknik khususnya PPNS menjadi lebih tangguh saat terjun ke dunia industri. Dalam forum FGD tersebut juga para alumni PPNS yang dikoordinir oleh IKA Alumni khususnya cabang Kalimantan membuka peluang seluas-luasnya bagi para mahasiswa dan lulusan PPNS yang ingin magang (OJT) atau yang ingin berkarir di galangan kapal di kota Samarinda dan sekitarnya. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi ramah tamah dan foto bersama.

Salam PPNS SUCCESS !

Mochammad Choirul Rizal
;